KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
Memahami, menerapkan, meng-analisis dan mengevaluasi pe-ngetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks berdasarkan rasa ingin tahunya tentang (a) ilmu pengetahuan, (b) teknologi, (c) seni, (d) budaya, dan (e) humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kene-garaan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KOMPETENSI DASAR 3
3.1. Menganalisis unsur kebahasaan dan rasa bahasa teks terjemahan.
3.2. Menganalisis isi, struktur, dan unsur kebahasaan teks babad/sejarah Sunda.
3.3 Menganalisis isi dan unsur kebahasaan teks wawancara.
3.4. Menganalisis isi, struktur dan unsur kebahasaan laporan kegiatan.
3.5. Membandingkan jenis dongeng, berdasarkan struktur, unsur kebahasaan dan fungsi sosial.
3.6. Membandingkan bentuk, struktur dan unsur kebahasaan teks kawih Sunda klasik dan pop.
3.7. Menganalisis isi, unsur, struktur dan aspek kebahasaan sajak.
3.8 Menganalisis bentuk dan tipe aksara Sunda sesuai dengan kaidah-kaidahnya.
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara (a) efektif, (b) kreatif, (c) produktif, (d) kritis, (e) mandiri, (f) kolaboratif, (g) komunikatif, dan (h) solutif, dalam ranah konkret dan abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta
mampu menggunakan metode sesuai dengan kaidah keilmuan.
4.1. Menerjemahkan teks ke dalam bahasa Sunda atau sebaliknya dengan memperhatikan unsur kebahasaan dan rasa bahasa.
4.2. Menyajikan isi teks babad/sejarah Sunda dengan memperhatikan struktur dan unsur kebahasaan.
4.3 Merancang, melakukan dan menyusun laporan wawancara dengan memperhatikan kesantunan berbahasa.
4.4. Menulis laporan kegiatan dengan memperhatikan struktur dan unsur kebahasaan.
4.5. Menampilkan berbagai jenis dongeng dengan cara ngadongeng, monolog, dramatisasi.
4.6. Melantunkan kawih Sunda klasik dan pop dengan memperhatikan ekspresi dan teknik vokal.
4.7. Menampilkan sajak dengan cara membaca, mendeklamasikan, musikalisasi atau dramatisasi.
4.8. Mendemonstrasikan aksara Sunda sesuai dengan kaidah-kaidahnya.
Memahami, menerapkan, meng-analisis dan mengevaluasi pe-ngetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks berdasarkan rasa ingin tahunya tentang (a) ilmu pengetahuan, (b) teknologi, (c) seni, (d) budaya, dan (e) humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kene-garaan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KOMPETENSI DASAR 3
3.1. Menganalisis unsur kebahasaan dan rasa bahasa teks terjemahan.
3.2. Menganalisis isi, struktur, dan unsur kebahasaan teks babad/sejarah Sunda.
3.3 Menganalisis isi dan unsur kebahasaan teks wawancara.
3.4. Menganalisis isi, struktur dan unsur kebahasaan laporan kegiatan.
3.5. Membandingkan jenis dongeng, berdasarkan struktur, unsur kebahasaan dan fungsi sosial.
3.6. Membandingkan bentuk, struktur dan unsur kebahasaan teks kawih Sunda klasik dan pop.
3.7. Menganalisis isi, unsur, struktur dan aspek kebahasaan sajak.
3.8 Menganalisis bentuk dan tipe aksara Sunda sesuai dengan kaidah-kaidahnya.
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara (a) efektif, (b) kreatif, (c) produktif, (d) kritis, (e) mandiri, (f) kolaboratif, (g) komunikatif, dan (h) solutif, dalam ranah konkret dan abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta
mampu menggunakan metode sesuai dengan kaidah keilmuan.
4.1. Menerjemahkan teks ke dalam bahasa Sunda atau sebaliknya dengan memperhatikan unsur kebahasaan dan rasa bahasa.
4.2. Menyajikan isi teks babad/sejarah Sunda dengan memperhatikan struktur dan unsur kebahasaan.
4.3 Merancang, melakukan dan menyusun laporan wawancara dengan memperhatikan kesantunan berbahasa.
4.4. Menulis laporan kegiatan dengan memperhatikan struktur dan unsur kebahasaan.
4.5. Menampilkan berbagai jenis dongeng dengan cara ngadongeng, monolog, dramatisasi.
4.6. Melantunkan kawih Sunda klasik dan pop dengan memperhatikan ekspresi dan teknik vokal.
4.7. Menampilkan sajak dengan cara membaca, mendeklamasikan, musikalisasi atau dramatisasi.
4.8. Mendemonstrasikan aksara Sunda sesuai dengan kaidah-kaidahnya.
No comments:
Post a Comment