RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah
|
:
|
SMK
|
Mata Pelajaran
|
:
|
BAHASA
SUNDA
|
Kelas / Semester
|
:
|
X/2
|
Materi Pokok
|
:
|
Dongeng
|
Alokasi Waktu
|
:
|
4
x 45’
|
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah
membaca dan mengamati teks dongeng, peserta didik diharapkan :
a. Membandingkan jenis dongeng berdasarkan struktur,
unsur kebahasaan dan fungsi sosial
b. Menampilkan berbagai jenis dongeng dengan cara
ngadongeng, monolog, dramatisasi.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
3.5. Membandingkan jenis dongeng berdasarkan
struktur, unsur kebahasaan dan fungsi sosial
4.5. Menampilkan berbagai jenis dongeng dengan cara
ngadongeng, monolog, dramatisasi.
|
10.3.5.1 Mengidentifikasi
dongeng dan jenis dongeng
10.3.5.2 Menganalisis struktur dan unsur kebahasaan dalam teks dongeng.
10.3.5.3 Membandingkan jenis dongeng.
10.4.5.1 Menerapkan
nilai-nilai moral yang terkandung dalam
jenis-jenis dongeng dalam
kehidupan sehari-hari.
10.4.5.2 Mempraktikan
salah satu jenis dongeng yang telah disiapkannya dengan cara ngadongeng,
monolog, dramatisasi.
|
C. Materi Pembelajaran (Fakta, Konsep,
Prinsip, Prosedur)
1) Fakta
·
Beberapa contoh teks
carita dongeng.
2) Konsep
·
Struktur dan Unsur
kebahasaan teks dongeng.
·
Klasifikasi cerita
dongeng.
3) Prinsip
·
Karakteristik ceritra
dongeng.
·
Ciri-ciri cerita
dongeng.
4) Prosedur
·
Penyampaian cerita
dongeng.
D. Metode Pembelajaran
1) Pendekatan: Pembelajaran Saintifik
2) Metode: Discovery, Project Based Learning
3) Teknik: diskusi, penugasan, tanya
jawab
E. Media Pembelajaran
1) Proyector
2) Teks carita dongeng.
3) Laptop/komputer
F.
Sumber
Belajar
1.
Buku Paket kelas X, karangan......,
penerbit......
2.
Buku Kumpulan Dongeng Utara Utari jeung
dongeng-dongeng sunda lianna, pengarang Ki Umbara, penerbit Kiblat Buku Utama,
Bandung
3.
Nyutat ti Majalah Walanda, TIJDSCHRIFT voor INDISCHE TAAL,
LAND EN VOLKENKUNDE, wedalan taun 1872. Dongeng Sunda Buhun ieu
dikukumpul ku J.A. UILKENS, mangrupa carita ra’yat urang Ciamis. [Dicutat
tina blog ”Kumpulan Carita jeung Dongeng”]
G. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
|
Langkah-langkah Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
a. Guru menyapa dan mempersiapkan peserta didik
dalam pembelajaran dengan berdoa, melihat kerapihan dan kebersihan kelas
serta menanyakan presensi hari itu.
b. Guru memberikan apersepsi dan memotivasi
peserta didik, dengan memperkenalkan tempat-tempat yang ada hubungan dengan
dongeng.
c. Guru membagi kelompok dengan anggota 4 orang
masing-masing kelompok.
d. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran yang
dikembangkan dalam pembelajaran teks cerita dongeng.
|
15’
|
Inti
|
Pertemuan 1
Mengamati:
· Membaca dan mengamati beberapa contoh dongeng.
· Mengamati dan memahami unsur-unsur dongeng.
Mempertanyakan:
·
Bertanya jawab isi dari contoh dongeng.
Mengeksplorasi:
·
Mencari informasi/ referensi tentang cara
membacakan atau mendongeng dari berbagai sumber.
·
Mencari kata-kata sulit dan menemukan
artinya dalam kamus.
Mengasosiasikan:
·
Membandingkan berbagai contoh teks cerita
dongeng.
·
Mengevaluasi dan mendiskusikan kaidah
teks cerita dongeng.
Mengkomunikasikan:
·
Menyampaikan cerita dongeng secara
lisan.
Pertemuan 2
Mengamati:
· Membaca dan mengamati beberapa contoh dongeng.
·Mengamati dan memahami cara pembacaan dongeng.
Mempertanyakan:
·
Bertanya jawab tehnik mendongeng.
Mengeksplorasi:
·
Mencari informasi/ referensi tentangcara
membacakan atau mendongeng dari berbagai sumber.
·
Mencari kata-kata sulit dan menemukan
artinya dalam kamus.
Mengasosiasikan:
·
Mengevaluasi dan mendiskusikan kaidah bercerita
dongeng.
Mengkomunikasikan:
·
Menyampaikan cerita dongeng secara
lisan.
|
60’
|
Penutup
|
a. Peserta didik dengan panduan guru menyimpulkan pembahasan
tentang struktur dan ciri-ciri cerita dongeng.
b. Peserta didik memberikan umpan balik dengan
mengajukan pertanyaan tentang teks cer sesuita dongeng dengan tatakrama Sunda.
c. Guru menyampaikan informasi pembelajaran yang
akan datang.
d. Pembelajaran diakhiri dengan do’a dan salam.
|
10’
|
H. Penilaian Pembelajaran
1. Jenis/Teknik
penilaian
a.
Tes dan Nontes
2. Bentuk
Penilaian
a.
Tes
Tulis Uraian
b.
Unjuk kerja
3. Instrumen
Penilaian
a. Soal Uraian
Indikator
Pencapaian
|
Tehnik
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Instrumen
|
10.3.5.1 Mengidentifikasi jenis dongeng
10.3.5.2 Menganalisis struktur dan unsur kebahasaan dalam teks dongeng.
|
Tes
|
Uraian
|
1. Sebutkeun unsur
intrinsik anu aya dina dongéng ”Nini-nini Malarat
jeung Deleg Kasaatan”?
1.
Tema
2.
Tokoh
3.
Alur
4.
Latar/tempat
kajadian
5.
Amanat
|
10.4.5.1 Menceritakan
kembali isi dongeng yang dibacanya.
|
Nontes
|
Unjuk kerja
|
Pek ku hidep caritakeun deui eusi dina dongeng “Nini-nini Malarat jeung Deleg Kasaatan”.
|
Kunci Jawaban
No.
|
Alternatif
jawaban
|
Skor
|
1.
2.
3.
4.
5.
|
Temana
jalma nu sabar meunang kabagjaan
Tokohna
nyaéta nini-nini,lauk deleg,tatangga nini-nini
Alur
maju
Tempat
kajadianna di imah nini-nini,tegal kaso, imah tatangga nini-nini
Amanatna nya eta kudu percaya ka gusti Allah,
ulah sirik ka batur, kudu sabar dina sagala kaayaan
|
10-20
10-20
10-20
10-20
10-20
|
4.
Pedoman Penilaian
a.
Penilaian Pengetahuan (NP)
- Skor Nomer 1 = 10
– 20
Skor maksimal = 20
- Skor Nomer 2 = 10
– 20
Skor maksimal = 20
- Skor Nomer 3 = 10
- 20
Skor maksimal = 20
- Skor Nomer 4 = 10
- 20
Skor maksimal = 20
-
Skor
Nomer 5 = 10 - 20
Skor maksimal =
20
Pedoman Penskoran
No.
|
Nama Siswa
|
Aspek yang
Dinilai
|
Skor
|
|||||||||||
Basa
|
Pasemon
|
Lentong
|
||||||||||||
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan Skor :
Masing-masing kolom diisi dengan
kriteria
4 = Baik
Sekali
3 =
Baik
2 =
Cukup
1 =
Kurang
Nilai = Skorperolehanx 100
Skormaksimal
Keterangan:
Sangat Baik (A) : 86 – 100
Baik (B) : 71 – 85
Cukup (C) : 56 – 70
Kurang (D) : ≤ 55
Sukabumi, Juli 2017
Mengetahui: Guru
Mata Pelajaran,
Kepala
Sekolah,
No comments:
Post a Comment