RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
| 
Nama Sekolah  | 
:  | 
SMK......... | 
| 
Mata Pelajaran | 
: | 
Bahasa Sunda | 
| 
Kelas / Semester | 
: | 
X / 1 | 
| 
Materi Pokok/ Tema | 
: | 
Aksara Sunda | 
| 
Alokasi Waktu | 
: | 
4 x 45 menit (2 x pertemuan) | 
A.    
Tujuan
Pembelajaran
Setelah proses
menggali informasi melalui berbagai fakta, menanya konsep, berdiskusi atas
fakta dan konsep, menginterprestasi mengasosiasi dan mengomunikasikan, peserta
didik dapat menganalisis
bentuk dan tipe aksara Sunda sesuai dengan kaidah-kaidahnya dan mendemonstrasi-kan aksara Sunda sesuai dengan
kaidah-kaidahnya.
B.     Kompetensi Dasar dan Indikator
| 
Kompetensi Dasar | 
Indikator Pencapaian Kompetensi | 
| 
3.83.8  Menganalisis bentuk dan tipe aksara Sunda
  sesuai dengan kaidah-kaidahnya. | 
- 3.8.1 Mengamati
  teks dan tayangan aksara  Sunda melalui
  media pembelajaran 
3.8.2
  Mengidentifikasi, ciri-ciri, pengertian, jenis, sistematika dan teknik-teknik
  aksara Sunda. 
3.8.3 Mengkonfirmasi
  hasil temuan sementara dan menanyakan/berkonsultasi kepada guru tentang
  sistematika dan kaidah kaidah penulisan yang benar. | 
| 
4.8 Mendemonstrasikan aksara
  Sunda sesuai dengan kaidah-kaidahnya. | 
4.8.1
  Menulis teks pendek yang menggunakan aksara Sunda sesuai dengan
  kaidah-kaidahnya. 
4.8.2 Mengkomunikasikan pengalaman penyusunan teks aksara Sunda
  di antaranya berupa kesan-kesan, komentar, permasalahan. 
4.8.3 Melakukan
  refleksi tentang proses dan hasil belajarnya. | 
C.       
Materi
Pelajaran (Fakta, Konsep, Prinsip, Prosedur)
Fakta:
·     
Berbagai
contoh teks aksara Sunda 
Konsep:
·     
Ciri-ciri  aksara Sunda
·     
Bentuk-bentuk
aksara Sunda 
·     
Kaidah-kaidah
aksara Sunda
- Aksara Swara:

- Aksara Kaganga:






- Tanda Vokalisasi:




- Angka:



Prinsip:
·      
Karakteristik
aksara Sunda
·      
Ciri-ciri
kebahasaan dalam aksara Sunda
·      
Perbedaan
aksara Sunda dengan bercerita, memandu acara, dan ceramah
Prosedur:
·      
Langkah-langkah
penyusunan teks aksara Sunda
·      
Proses
penyuntingan dan penyajian laporan hasil penyusunan téks aksara Sunda
D.       Metode Pembelajaran
1. Model Discovery
Learning (untuk pertemuan I)
| 
SINTAK | 
KEGIATAN PEMBELAJARAN | ||||
| 
Mengamati | 
Menanya | 
Mengumpulkan data/informasi | 
Mengasosiasikan 
(menalar) | 
Mengkomunikasikan 
(menyimpulkan) | |
| 
Stimulation (pemberian stimulus) | 
Mendiskusikan tayangan, konsep, kaidah-kaidah,
  tujuan, tema, jenis, struktur dan sistematika aksara Sunda |  |  |  | |
| 
Problem Statement (identifikasi masalah) | 
Mendiskusikan rumusan dan batasan masalah,
  tujuan analisis masalah, dan 
  langkah-langkah kerja yang akan dilaksanakan |  |  |  | |
| 
Data Collecting (mengumpulkan data) |  |  | 
Mengumpulkan referensi, bandingan, atau
  data-data sementara |  |  | 
| 
Data Processing (mengolah data) |  |  |  | 
Mengolah, memilih, memilah, mengedit &
  menyunting |  | 
| 
Verification (menguji hasil) |  |  |  | 
Menguji kembali penemuan sementara yang  ada |  | 
| 
Generalization (menyimpulkan) |  |  |  | 
Menetapkan kesimpulan akhir | 
Membuat laporan tertulis | 
2. Model Project Based Learning (untuk
pertemuan 2 dan 3)
| 
SINTAK | 
KEGIATAN PEMBELAJARAN | ||||
| 
Mengamati | 
Menanya | 
Mengumpulkan data/informasi | 
Mengasosiasikan 
(menalar) | 
Mengkomunikasikan 
(menyimpulkan) | |
| 
Essential Question (mengarahkan kepada
  pertanyaan-pertanyaan inti) | 
Mengamati teks dan peragaan aksara Sunda melalui media
  pembelajaran | 
Mengidentifikasi tujuan-tujuan yang ada sebagai
  landasan project yang akan
  dilaksanakan | 
Mendiskusikan Ciri-ciri,
  pengertian, jenis, tujuan, sistematika dan teknik-teknik aksara Sunda |  |  | 
| 
Designing Project Plan (merancang rencana
  proyek) |  |  | 
Menyusun rancangan/ instrumen/konsep project teks aksara Sunda |  |  | 
| 
Creating Schedule (menyusun jadwal) |  |  | 
Menciptakan rencana, pelaksanaan, pengolahan,
  dan pelaporan hasil karya, dan peragaan project |  |  | 
| 
Monitor The Progress (memonitor perkembangan project) |  |  | 
Konsultasi peserta didik dengan guru
  (permasalahan atau koreksi-koreksi), guru memonitor aktivitas projecting peserta didik |  |  | 
| 
Assess The Outcome (menguji hasil) |  |  |  | 
Guru mengevaluasi hasil sementara proyek
  peserta didik untuk hasil tahap akhir |  | 
| 
Evaluate The Experiment (mengevaluasi kegiatan) |  |  |  | 
Membuat kesimpulan dan  penyelesaian hasil project akhir | 
Memperagakan hasil project, hingga akhirnya guru dan seluruh peserta didik mencapai
  konklusi serta refleksi akhir  hasil
  dari project | 
3. Metode : diskusi, tanya
jawab, penugasan, demonstrasi
| 
Metode | 
Mengamati | 
Menanya | 
Mengumpulkan data/ 
eksperimen/eksplorasi | 
Mengasosiasi | 
Mengkomunikasikan | 
| 
Diskusi | 
√ | 
√ | 
√ | 
√ | 
√ | 
| 
Tanya-Jawab | 
√ | 
√ | 
√ |  | 
√ | 
| 
Penugasan | 
√ | 
√ |  | 
√ | 
√ | 
| 
Demonstrasi | 
√ |  |  |  | 
√ | 
E.       
Media
Pembelajaran
1.   
Media:
Audio-Visual (video, gambar ilustrasi, dan powerpoint materi aksara Sunda)
| 
MEDIA | 
Mengamati | 
Menanya | 
Mengumpulkan data/ 
eksperimen/eksplorasi | 
Mengasosiasi | 
Mengkomunikasikan | 
| 
Audio – Visual | 
√ |  |  | 
√ | 
√ | 
2.   
Alat/Bahan:
Laptop dan LCD
3.   
Sumber
Belajar:
a.      
Durahman, Duduh. 1984. Catetan Prosa Sunda.
Bandung: Medal Agung.
b.     
Rahmat Taufik Hidayat, spk. 2005. Peperenian Urang Sunda. Bandung: Kiblat.
c.      
Budiman, R.Yudi & Yusup. 2015. Jaladri Mangsi. Tangerang: Medhatama
Restyan.
F.       
Langkah-langkah
Pembelajaran
Pertemuan 1 
| 
Kegiatan | 
Langkah-langkah Pembelajaran | 
Alokasi Waktu | 
| 
Pendahuluan | 
·        
  Guru memberi
  salam,
  berdoa bersama, kemudian  bertegur sapa dengan peserta didik; Bagaimana kabar kalian hari ini? Siapa saja yang tidak bisa hadir dalam
  pembelajaran hari ini? Sudah siapkah
  belajar? 
·        
  Guru melakukan pengkondisian KBM;
  mengecek kebersihan kelas minimal di sekitar meja dan kursi tempat duduk
  peserta didik  
·        
  Guru memberikan informasi tentang materi pembelajaran yang akan dilaksanakan. 
·        
  Peserta
  didik menerima informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan  
·        
   Apersepsi (membimbing peserta didik dalam kesatuan persepsi untuk mengidentifikasi
  kaidah-kaidah aksara Sunda) dan
  Motivasi (menumbuhkan kepercayaan diri
  peserta didik agar mereka terampil menganalisis teks aksara Sunda serta mengemukakan temuan, pandangan, dan
  pertanyaan-pertanyaan yang ingin diajukan). | 
15 menit | 
| 
Inti | 
Mengamati 
·        
  Guru membagi peserta didik ke dalam
  kelompok belajar sesuai kebutuhan KBM 
·        
  Guru memberikan contoh naskah teks aksara Sunda kepada setiap peserta didik 
·        
  Guru menayangkan video tentang kegiatan aksara Sunda 
·        
  Guru memonitor kegiatan kelompok
  peserta didik selama multimedia berlangsung 
·        
  Setiap peserta didik mencermati
  (mengamati dan menganalisis naskah yang
  dibacanya) dan melakukan catatan kecil hasil
  penemuan analisis teks yang akan
  didiskusikan antar kelompok nanti  
·        
  Secara
  individu, hasil temuan peserta
  didik berupa identifikasi-identifikasi tentang analisis isi, kaidah-kaidah,
  struktur, jenis, tema dan sistematika aksara
  Sunda berdasarkan naskah dan tayangan media yang dicermatinya 
Menanya 
·        
  Antarpeserta didik dalam
  kelompok saling mengkonfirmasi dan bertanya tentang analisa
  isi, jenis dan tema teks aksara Sunda masing-masing untuk dibahas jika ada perbedaan temuan 
·        
  Dari berbagai pertanyaan dan penyataan yang muncul,
  kelompok melakukan klasifikasi kaidah-kaidah aksara Sunda dan mendefinisikan dasar temuannya 
·        
  Kelompok mengkonfirmasi hasil temuan sementara dan
  menanyakan/berkonsultasi kepada guru tentang sistematika dan kaidah-kaidah
  penulisan yang benar 
Mencoba 
·        
  Peserta didik mencoba
  merumuskan struktur
  teks aksara Sunda yang dikajinya, dan
  membahasnya seraya bertukar temuan bersama anggota kelompok 
·        
  Menguraikan sistematika teks aksara Sunda dari naskah yang dikajinya, dengan bertukar informasi atau melakukan konfirmasi dengan kelompok lain 
Mengasosiasi. 
·        
  Peserta didik mencoba
  menyimpulkan atau melegitimasi atas temuan kajian naskah yang dibahasnya 
Mengomunikasikan 
·        
  Perwakilan masing-masing
  kelompok (bisa dipilih dan ditunjuk guru) menyampaikan/menayangkan hasil
  kesimpulannya. 
·        
  Melaporkan hasil penelitian
  kelompok ke dalam bentuk
  karya tulis ilmiah | 
60 menit | 
| 
Penutup | 
·        
  Bersama peserta didik
  menyimpulkan karakteristik teorikal aksara Sunda (konsep,
  isi, jenis, tema, struktur,
  sistematika dan kaidah-kaidah). 
·        
  Melaksanakan tes untuk evaluasi pemahaman
  (contoh tes ada pada poin penilaian) 
·        
  Mengakhiri KBM dengan doa dan salam | 
20 menit | 
Pertemuan 2
| 
Kegiatan | 
Deskripsi | 
Alokasi
   waktu | 
| 
Pendahuluan | 
·        
  Peserta didik merespon
  salam dan dilanjutkan dengan pengondisian kelas 
·        
  Tanya jawab tentang
  karakteristik teorikal
  aksara Sunda pada pertemuan sebelumnya  
·        
  Peserta didik menerima
  informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya (karakteristik teorikal aksara Sunda) dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan (penyusunan teks aksara Sunda) 
·        
  Peserta didik menerima
  informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang
  akan dilaksanakan. 
·        
  Tanya jawab tentang evaluasi pembelajaran
  sebelumnya, serta pemberian motivasi untuk KBM yang selanjutnya | 
20 menit | 
| 
Inti | 
Mengamati 
·        
  Peserta didik mengamati dan meninjau kembali rumusan
  karakteristik aksara Sunda 
·        
  Peserta didik mengamati langkah-langkah prosedural
  penyusunan teks aksara Sunda dari guru 
·        
  Guru memberikan batasan jenis dan tema aksara Sunda yang
  akan disusun oleh peserta didik 
·        
  Secara individu peserta
  didik mempersiapkan
  data atau referensi acuan untuk penyusunan teks aksara Sunda 
Menanya  
·        
  Masing-masing peserta didik
  dipersilakan
  mengemukakan pendapat atau pandangannya mengenai pilihan jenis dan aksara
  Sunda yang diambilnya 
·        
  Masing-masing peserta didik dipersilakan mengemukakan
  kesulitan atau permasalahan yang mungkin timbul atas pilihan jenis dan tema
  aksara Sunda yang diambilnya 
Mencoba 
·        
  Masing-masing peserta didik
  mulai menganalisis
  dan menyusun teks aksara Sunda dengan menggunakan teks aksara Sunda pada KBM
  sebelumnya sebagai pembanding 
·        
  Masing-masing peserta didik mencoba menyusun teks aksara Sunda sesuai
  dengan kaidah-kaidah atau sistematika teorikal aksara Sunda 
Mengasosiasi  
·        
  Masing-masing peserta didik memilih dan memilah diksi serta
  kalimat-kalimat dalam teks aksara Sunda sesuai dengan kaidah-kaidah
  kebahasaan yang benar 
·        
  Peserta didik menganalisis hasil penyusunan
  teks baik dari segi tata bahasa, sistematika, dan isi teks aksara Sunda 
·        
  Peserta didik mengedit atau menyunting teks masing-masing
  guna tahap penyelasaian akhir (finishing) 
·        
  Selama kegiatan berlangsung, guru berperan aktif sebagai
  fasilitator dan mediator pembelajaran peserta didik. 
Mengomunikasikan 
·        
  Peserta didik mengumpulkan hasil project teks aksara
  Sunda kepada guru 
·        
  Peserta didik mengkomunikasikan pengalaman penyusunan teks aksara
  Sunda di antaranya berupa kesan-kesan, komentar, permasalahan, ataupun
  hal-hal lainnya | 
60 menit | 
| 
Penutup | 
·        
  Umpan balik antarpeserta
  didik dan antara peserta didik dengan guru tentang evaluasi proses pembelajaran 
·        
  Mengingatkan atau mempersiapkan peserta didik untuk
  tehnis-tehnis KBM mendatang 
·        
  Menutup atau mengakhiri KBM seraya mengucapkan salam | 
10 menit | 
G.       Penilaian Proses dan Hasil Belajar
Bentuk dan Instrumen Penilaian:
a.     
Tes
tulis bentuk  uraian
| 
Indikator Pencapaian Kompetensi | 
Bentuk Penilaian | 
Instrumen Tes | 
| 
1.     
  Memahami struktur
  teks aksara Sunda 
2.     
  Mengidentifikasi
  ciri-ciri kebahasaan pada teks aksara Sunda | 
Quesioner
  dan Tes Uraian | 
 | 
| 
3.     
  Menyajikan hasil analisis teks aksara Sunda |  | 
7.     
  Tuduhkeun jeung jelaskeun naon nu dimaksud
  kaidah-kaidah aksara Sunda! 
 | 
b. Penilaian  membaca aksara Sunda
| 
Nama Siswa | 
Aspek Penilaian Teks  Aksara Sunda | ||||
| 
Kecepatan  
Waktu | 
Ketepatan
  Isi | 
Intonasi | 
Skor 
rata-rata | 
Nilai | |
| 
1. | 
3 | 
4 | 
4 | 
3,7 | 
93 | 
| 
2. |  |  |  |  |  | 
c.     
Penilaian keterampilan menulis
aksara Sunda
| 
Nama Siswa | 
Aspek Penilaian Teks Aksara Sunda | ||||
| 
Keseimbangan Teks | 
Ketepatan Teks | 
Kerapihan  | 
Skor 
rata-rata | 
Nilai | |
| 
1. | 
3 | 
4 | 
4 | 
3,7 | 
93 | 
| 
2. |  |  |  |  |  | 
| 
3. |  |  |  |  |  | 
Pedoman Penskoran :
Penilaian
Kognitif :
Skor
soal 
-         
Skor
Soal nomor 1 - 6          point 10
-         
Skor
Soal nomor 7 – 8          point 20
-         
Skor
max. = 100
-         
Nilai
kognitif = skor diperoleh/10 
Penilaian
Psikomotor :
Skor
soal 
-         
Keseimbangan Teks              skor
1 - 4
-         
Ketepatan Teks                     skor
1 - 4
-         
Kerapihan                              skor
1 - 4
-         
Skor
max. = 100
-         
Nilai
Psikomotor = skor diperoleh  X 25
          3
Sukabumi,  Juli 2017
Mengetahui:                                                                           Guru
Mata Pelajaran,                        
Kepala Sekolah,                           

 
1xbet korean Betting Offers - LEGALBET
ReplyDelete1XBET is one of the most popular online betting options in the world. It's not your fault, it's the right amount of value and the bet 1xbet india can win big.