RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah
|
:
|
SMK.........
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Bahasa Sunda
|
Kelas / Semester
|
:
|
X / 1
|
Materi Pokok/ Tema
|
:
|
Aksara Sunda
|
Alokasi Waktu
|
:
|
4 x 45 menit (2 x pertemuan)
|
A.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah proses
menggali informasi melalui berbagai fakta, menanya konsep, berdiskusi atas
fakta dan konsep, menginterprestasi mengasosiasi dan mengomunikasikan, peserta
didik dapat menganalisis
bentuk dan tipe aksara Sunda sesuai dengan kaidah-kaidahnya dan mendemonstrasi-kan aksara Sunda sesuai dengan
kaidah-kaidahnya.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
3.83.8 Menganalisis bentuk dan tipe aksara Sunda
sesuai dengan kaidah-kaidahnya.
|
- 3.8.1 Mengamati
teks dan tayangan aksara Sunda melalui
media pembelajaran
3.8.2
Mengidentifikasi, ciri-ciri, pengertian, jenis, sistematika dan teknik-teknik
aksara Sunda.
3.8.3 Mengkonfirmasi
hasil temuan sementara dan menanyakan/berkonsultasi kepada guru tentang
sistematika dan kaidah kaidah penulisan yang benar.
|
4.8 Mendemonstrasikan aksara
Sunda sesuai dengan kaidah-kaidahnya.
|
4.8.1
Menulis teks pendek yang menggunakan aksara Sunda sesuai dengan
kaidah-kaidahnya.
4.8.2 Mengkomunikasikan pengalaman penyusunan teks aksara Sunda
di antaranya berupa kesan-kesan, komentar, permasalahan.
4.8.3 Melakukan
refleksi tentang proses dan hasil belajarnya.
|
C.
Materi
Pelajaran (Fakta, Konsep, Prinsip, Prosedur)
Fakta:
·
Berbagai
contoh teks aksara Sunda
Konsep:
·
Ciri-ciri aksara Sunda
·
Bentuk-bentuk
aksara Sunda
·
Kaidah-kaidah
aksara Sunda
- Aksara Swara:
- Aksara Kaganga:
- Tanda Vokalisasi:
- Angka:
Prinsip:
·
Karakteristik
aksara Sunda
·
Ciri-ciri
kebahasaan dalam aksara Sunda
·
Perbedaan
aksara Sunda dengan bercerita, memandu acara, dan ceramah
Prosedur:
·
Langkah-langkah
penyusunan teks aksara Sunda
·
Proses
penyuntingan dan penyajian laporan hasil penyusunan téks aksara Sunda
D. Metode Pembelajaran
1. Model Discovery
Learning (untuk pertemuan I)
SINTAK
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
||||
Mengamati
|
Menanya
|
Mengumpulkan data/informasi
|
Mengasosiasikan
(menalar)
|
Mengkomunikasikan
(menyimpulkan)
|
|
Stimulation (pemberian stimulus)
|
Mendiskusikan tayangan, konsep, kaidah-kaidah,
tujuan, tema, jenis, struktur dan sistematika aksara Sunda
|
|
|
|
|
Problem Statement (identifikasi masalah)
|
Mendiskusikan rumusan dan batasan masalah,
tujuan analisis masalah, dan
langkah-langkah kerja yang akan dilaksanakan
|
|
|
|
|
Data Collecting (mengumpulkan data)
|
|
|
Mengumpulkan referensi, bandingan, atau
data-data sementara
|
|
|
Data Processing (mengolah data)
|
|
|
|
Mengolah, memilih, memilah, mengedit &
menyunting
|
|
Verification (menguji hasil)
|
|
|
|
Menguji kembali penemuan sementara yang ada
|
|
Generalization (menyimpulkan)
|
|
|
|
Menetapkan kesimpulan akhir
|
Membuat laporan tertulis
|
2. Model Project Based Learning (untuk
pertemuan 2 dan 3)
SINTAK
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
||||
Mengamati
|
Menanya
|
Mengumpulkan data/informasi
|
Mengasosiasikan
(menalar)
|
Mengkomunikasikan
(menyimpulkan)
|
|
Essential Question (mengarahkan kepada
pertanyaan-pertanyaan inti)
|
Mengamati teks dan peragaan aksara Sunda melalui media
pembelajaran
|
Mengidentifikasi tujuan-tujuan yang ada sebagai
landasan project yang akan
dilaksanakan
|
Mendiskusikan Ciri-ciri,
pengertian, jenis, tujuan, sistematika dan teknik-teknik aksara Sunda
|
|
|
Designing Project Plan (merancang rencana
proyek)
|
|
|
Menyusun rancangan/ instrumen/konsep project teks aksara Sunda
|
|
|
Creating Schedule (menyusun jadwal)
|
|
|
Menciptakan rencana, pelaksanaan, pengolahan,
dan pelaporan hasil karya, dan peragaan project
|
|
|
Monitor The Progress (memonitor perkembangan project)
|
|
|
Konsultasi peserta didik dengan guru
(permasalahan atau koreksi-koreksi), guru memonitor aktivitas projecting peserta didik
|
|
|
Assess The Outcome (menguji hasil)
|
|
|
|
Guru mengevaluasi hasil sementara proyek
peserta didik untuk hasil tahap akhir
|
|
Evaluate The Experiment (mengevaluasi kegiatan)
|
|
|
|
Membuat kesimpulan dan penyelesaian hasil project akhir
|
Memperagakan hasil project, hingga akhirnya guru dan seluruh peserta didik mencapai
konklusi serta refleksi akhir hasil
dari project
|
3. Metode : diskusi, tanya
jawab, penugasan, demonstrasi
Metode
|
Mengamati
|
Menanya
|
Mengumpulkan data/
eksperimen/eksplorasi
|
Mengasosiasi
|
Mengkomunikasikan
|
Diskusi
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
Tanya-Jawab
|
√
|
√
|
√
|
|
√
|
Penugasan
|
√
|
√
|
|
√
|
√
|
Demonstrasi
|
√
|
|
|
|
√
|
E.
Media
Pembelajaran
1.
Media:
Audio-Visual (video, gambar ilustrasi, dan powerpoint materi aksara Sunda)
MEDIA
|
Mengamati
|
Menanya
|
Mengumpulkan data/
eksperimen/eksplorasi
|
Mengasosiasi
|
Mengkomunikasikan
|
Audio – Visual
|
√
|
|
|
√
|
√
|
2.
Alat/Bahan:
Laptop dan LCD
3.
Sumber
Belajar:
a.
Durahman, Duduh. 1984. Catetan Prosa Sunda.
Bandung: Medal Agung.
b.
Rahmat Taufik Hidayat, spk. 2005. Peperenian Urang Sunda. Bandung: Kiblat.
c.
Budiman, R.Yudi & Yusup. 2015. Jaladri Mangsi. Tangerang: Medhatama
Restyan.
F.
Langkah-langkah
Pembelajaran
Pertemuan 1
Kegiatan
|
Langkah-langkah Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
·
Guru memberi
salam,
berdoa bersama, kemudian bertegur sapa dengan peserta didik; Bagaimana kabar kalian hari ini? Siapa saja yang tidak bisa hadir dalam
pembelajaran hari ini? Sudah siapkah
belajar?
·
Guru melakukan pengkondisian KBM;
mengecek kebersihan kelas minimal di sekitar meja dan kursi tempat duduk
peserta didik
·
Guru memberikan informasi tentang materi pembelajaran yang akan dilaksanakan.
·
Peserta
didik menerima informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan
·
Apersepsi (membimbing peserta didik dalam kesatuan persepsi untuk mengidentifikasi
kaidah-kaidah aksara Sunda) dan
Motivasi (menumbuhkan kepercayaan diri
peserta didik agar mereka terampil menganalisis teks aksara Sunda serta mengemukakan temuan, pandangan, dan
pertanyaan-pertanyaan yang ingin diajukan).
|
15 menit
|
Inti
|
Mengamati
·
Guru membagi peserta didik ke dalam
kelompok belajar sesuai kebutuhan KBM
·
Guru memberikan contoh naskah teks aksara Sunda kepada setiap peserta didik
·
Guru menayangkan video tentang kegiatan aksara Sunda
·
Guru memonitor kegiatan kelompok
peserta didik selama multimedia berlangsung
·
Setiap peserta didik mencermati
(mengamati dan menganalisis naskah yang
dibacanya) dan melakukan catatan kecil hasil
penemuan analisis teks yang akan
didiskusikan antar kelompok nanti
·
Secara
individu, hasil temuan peserta
didik berupa identifikasi-identifikasi tentang analisis isi, kaidah-kaidah,
struktur, jenis, tema dan sistematika aksara
Sunda berdasarkan naskah dan tayangan media yang dicermatinya
Menanya
·
Antarpeserta didik dalam
kelompok saling mengkonfirmasi dan bertanya tentang analisa
isi, jenis dan tema teks aksara Sunda masing-masing untuk dibahas jika ada perbedaan temuan
·
Dari berbagai pertanyaan dan penyataan yang muncul,
kelompok melakukan klasifikasi kaidah-kaidah aksara Sunda dan mendefinisikan dasar temuannya
·
Kelompok mengkonfirmasi hasil temuan sementara dan
menanyakan/berkonsultasi kepada guru tentang sistematika dan kaidah-kaidah
penulisan yang benar
Mencoba
·
Peserta didik mencoba
merumuskan struktur
teks aksara Sunda yang dikajinya, dan
membahasnya seraya bertukar temuan bersama anggota kelompok
·
Menguraikan sistematika teks aksara Sunda dari naskah yang dikajinya, dengan bertukar informasi atau melakukan konfirmasi dengan kelompok lain
Mengasosiasi.
·
Peserta didik mencoba
menyimpulkan atau melegitimasi atas temuan kajian naskah yang dibahasnya
Mengomunikasikan
·
Perwakilan masing-masing
kelompok (bisa dipilih dan ditunjuk guru) menyampaikan/menayangkan hasil
kesimpulannya.
·
Melaporkan hasil penelitian
kelompok ke dalam bentuk
karya tulis ilmiah
|
60 menit
|
Penutup
|
·
Bersama peserta didik
menyimpulkan karakteristik teorikal aksara Sunda (konsep,
isi, jenis, tema, struktur,
sistematika dan kaidah-kaidah).
·
Melaksanakan tes untuk evaluasi pemahaman
(contoh tes ada pada poin penilaian)
·
Mengakhiri KBM dengan doa dan salam
|
20 menit
|
Pertemuan 2
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
|
·
Peserta didik merespon
salam dan dilanjutkan dengan pengondisian kelas
·
Tanya jawab tentang
karakteristik teorikal
aksara Sunda pada pertemuan sebelumnya
·
Peserta didik menerima
informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya (karakteristik teorikal aksara Sunda) dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan (penyusunan teks aksara Sunda)
·
Peserta didik menerima
informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang
akan dilaksanakan.
·
Tanya jawab tentang evaluasi pembelajaran
sebelumnya, serta pemberian motivasi untuk KBM yang selanjutnya
|
20 menit
|
Inti
|
Mengamati
·
Peserta didik mengamati dan meninjau kembali rumusan
karakteristik aksara Sunda
·
Peserta didik mengamati langkah-langkah prosedural
penyusunan teks aksara Sunda dari guru
·
Guru memberikan batasan jenis dan tema aksara Sunda yang
akan disusun oleh peserta didik
·
Secara individu peserta
didik mempersiapkan
data atau referensi acuan untuk penyusunan teks aksara Sunda
Menanya
·
Masing-masing peserta didik
dipersilakan
mengemukakan pendapat atau pandangannya mengenai pilihan jenis dan aksara
Sunda yang diambilnya
·
Masing-masing peserta didik dipersilakan mengemukakan
kesulitan atau permasalahan yang mungkin timbul atas pilihan jenis dan tema
aksara Sunda yang diambilnya
Mencoba
·
Masing-masing peserta didik
mulai menganalisis
dan menyusun teks aksara Sunda dengan menggunakan teks aksara Sunda pada KBM
sebelumnya sebagai pembanding
·
Masing-masing peserta didik mencoba menyusun teks aksara Sunda sesuai
dengan kaidah-kaidah atau sistematika teorikal aksara Sunda
Mengasosiasi
·
Masing-masing peserta didik memilih dan memilah diksi serta
kalimat-kalimat dalam teks aksara Sunda sesuai dengan kaidah-kaidah
kebahasaan yang benar
·
Peserta didik menganalisis hasil penyusunan
teks baik dari segi tata bahasa, sistematika, dan isi teks aksara Sunda
·
Peserta didik mengedit atau menyunting teks masing-masing
guna tahap penyelasaian akhir (finishing)
·
Selama kegiatan berlangsung, guru berperan aktif sebagai
fasilitator dan mediator pembelajaran peserta didik.
Mengomunikasikan
·
Peserta didik mengumpulkan hasil project teks aksara
Sunda kepada guru
·
Peserta didik mengkomunikasikan pengalaman penyusunan teks aksara
Sunda di antaranya berupa kesan-kesan, komentar, permasalahan, ataupun
hal-hal lainnya
|
60 menit
|
Penutup
|
·
Umpan balik antarpeserta
didik dan antara peserta didik dengan guru tentang evaluasi proses pembelajaran
·
Mengingatkan atau mempersiapkan peserta didik untuk
tehnis-tehnis KBM mendatang
·
Menutup atau mengakhiri KBM seraya mengucapkan salam
|
10 menit
|
G. Penilaian Proses dan Hasil Belajar
Bentuk dan Instrumen Penilaian:
a.
Tes
tulis bentuk uraian
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Bentuk Penilaian
|
Instrumen Tes
|
1.
Memahami struktur
teks aksara Sunda
2.
Mengidentifikasi
ciri-ciri kebahasaan pada teks aksara Sunda
|
Quesioner
dan Tes Uraian
|
|
3.
Menyajikan hasil analisis teks aksara Sunda
|
|
7.
Tuduhkeun jeung jelaskeun naon nu dimaksud
kaidah-kaidah aksara Sunda!
|
b. Penilaian membaca aksara Sunda
Nama Siswa
|
Aspek Penilaian Teks Aksara Sunda
|
||||
Kecepatan
Waktu
|
Ketepatan
Isi
|
Intonasi
|
Skor
rata-rata
|
Nilai
|
|
1.
|
3
|
4
|
4
|
3,7
|
93
|
2.
|
|
|
|
|
|
c.
Penilaian keterampilan menulis
aksara Sunda
Nama Siswa
|
Aspek Penilaian Teks Aksara Sunda
|
||||
Keseimbangan Teks
|
Ketepatan Teks
|
Kerapihan
|
Skor
rata-rata
|
Nilai
|
|
1.
|
3
|
4
|
4
|
3,7
|
93
|
2.
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
Pedoman Penskoran :
Penilaian
Kognitif :
Skor
soal
-
Skor
Soal nomor 1 - 6 point 10
-
Skor
Soal nomor 7 – 8 point 20
-
Skor
max. = 100
-
Nilai
kognitif = skor diperoleh/10
Penilaian
Psikomotor :
Skor
soal
-
Keseimbangan Teks skor
1 - 4
-
Ketepatan Teks skor
1 - 4
-
Kerapihan skor
1 - 4
-
Skor
max. = 100
-
Nilai
Psikomotor = skor diperoleh X 25
3
Sukabumi, Juli 2017
Mengetahui: Guru
Mata Pelajaran,
Kepala Sekolah,
1xbet korean Betting Offers - LEGALBET
ReplyDelete1XBET is one of the most popular online betting options in the world. It's not your fault, it's the right amount of value and the bet 1xbet india can win big.